“Team Work Perawat Rumah Sakit Umum Derah X”
Kelompok :
AFIF NURMEIGI (
10113290 )
ANDREAS EKA(
10113929 )
FACHRIZAL (
13113026 )
LUKAS RADEN (
15113050 )
MOZARA PUTRI (
15113661 )
RANGGA MALELA (
17113273 )
ROSITA AULIA (
18113097 )
Universitas Gunadarma
2014/2015
“TEAMWORK
PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH X”
RumusanMasalah :
RSUD X merupakansalahsaturumahsakitumum yang berada di
daerah X. DenganVisimenjadiRumahSakitUmum yang diminatiolehmasyarakat.RSUD X
selaluberusahauntukberbenahdiri agar dapatbertahan di
tengahpersainganpertumbuhanrumahsakit di daerahtersebut.Kenyataan di
lapanganmenunjukanbahwa RSUD X belummenunjukanhasil yang
maksimal.Munculnyakeluhanmasyarakatmengenaipelayanan yang di berikan RSUD X
danjumlahpasien yang belummenunjukkanpeningkatanadalahbukti yang
mengindikasikanbahwapihak RSUD X belummampumewujudkanvisitersebut.
Berdasarkanwawancaraawaldiperolehinformasimengenaiketidakpuasanpasienterhadapkualitaspelayan
yang diberikanoleh RSUD X, khususnyapadabagiankeperawatan.Melalui survey
kepadabeberapaperawat di RSUD X diperoleh data yang
menunjukkanbahwaperawatkurangmerasakanadanyakerjasamadankomunikasi yang baik,
kurangmemiliki rasa salingpercayadansalingmendukung,
kurangmengetahuivisidanmisiorganisasidanmerasakan teamwork yang kurangefektif
di RSUDX.
Sikaptidakpedulidansalingmenyalahkanantarperawat,
kurangadanyakeinginandankesadaranuntukmenyelesaikankonflik,
kurangadanyakesadaranparaperawatakanpentingnyakerjasamadankomunikasisehinggaseringmenimbulkankonfliksertahubunganantarperawat
yang dirasakankurangharmonis yang
menghambatterjalinnyakerjasamamerupakanindikatormasalah yang
sebenarnyadihadapiolehpihak RSUD X.
Analisa :
Dari RumusanMasalahKasusdiatasdapatkitamengertibahwaintidariPermasalahanKasusdiatasadalahTerletakpadaRendahnyatinggkatKerjasamaparaPerawat
yang ada di dalam RSUD X, DimanatidakadanyaKerjasamadanjugakomunikasi yang
baik, kurangmemiliki rasa salingPercayadansalingmendukungdalampekerjaannyasebagaisesamaperawatdanjugakurangmengetahuinyavisidanmisiOrganisasi,
sehinggadapatmenimbulkansikapsalingtidakpeduliterhadapsesamaperawat di
dalamsebuah RSUD X tersebut,
bahkandapatmenimbulkansikapdimanasalingmenyalahkanantaraparaPerawatsehinggadapatmenimbulkanjugaKonflikIndividudariparamasing-masingperawat,
dimanaakanmenjadi indicator masalah yang di hadapiolehpihak RSUD X,
yaituketidaknyamanannyaparapasien yang berobat di RSUD X
tersebutdanjugamenjadipenghambatpertumbuhandari Tingkat kemajuan RSUD X
tersebutsehinggabelummampuuntukmewujudkanvisi-visinya.
Solusi :
DalamAnalisadariPerumusanMasalahdiatasSebagaiSolusidapatdimulaidariindividudarimasing-masingPerawatterlebihdahuluuntukmengetahuidimanaLetakKesalahannya
yang dapatmenimbulkantingkatkerjasamadankomunikasimenjadikurangefektifsehinggatimbul
rasa salingmenyalahkan, dan rasa
salingkurangmempercayaiantaraPerawatdenganPerawatlainnya yang menimbulkan rasa
ketidaknyamandariparaPasienitusendiri, di
karenakanPerawatmerupakanTumpuandarisemuakegiatan yang adadidalamsebuah RS
sehinggamenjadiPenentuKeberhasilanmaupunkegagalandariRumahSakititusendiri.
Kesimpulan :
DalamAnalisaKasusdiatasdapatdiambilkesimpulanbahwaparaperawatperlumengetahuipentingnyaKerjasamadalamsuatuOrganisasiterlebihdalamsuatu
RSUD, sehinggadapatmencapaiKomunikasi yang
efektifdantinggkatKepercayaanmasing-masingPerawatuntuksalingmembantu,
salingMendukung ,
SalingmemberikanPelayanandengankualitasterbaikdarimasin-masingPerawatterhadapparaPasien,
sehinggadapatmenimbulkan Rasa KepercayaanantaraPasiedanjugaparaPerawatdanmenimbulkanhubungan
yang harmonis, danjugadapatmenujukkanHasildari Usaha pihak RSUD X
menjadilebihmaksimaldanmampudalammewujudkanvisi-visitersebutdandapatmenjadi
factor Penentudaricitradankualitasrumahsakit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar