Sabtu, 27 Juni 2015

Tugas Analisa Studi Kasus (TeoriOrganisasiUmum2#)


“Team Work Perawat Rumah Sakit Umum Derah X”


Kelompok :

AFIF NURMEIGI ( 10113290 )
ANDREAS EKA( 10113929 )
FACHRIZAL ( 13113026 )

LUKAS RADEN ( 15113050 )
MOZARA PUTRI ( 15113661 )
RANGGA MALELA ( 17113273 )
ROSITA AULIA ( 18113097 )





Universitas Gunadarma
2014/2015


“TEAMWORK PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH X”



RumusanMasalah :


RSUD X merupakansalahsaturumahsakitumum yang berada di daerah X. DenganVisimenjadiRumahSakitUmum yang diminatiolehmasyarakat.RSUD X selaluberusahauntukberbenahdiri agar dapatbertahan di tengahpersainganpertumbuhanrumahsakit di daerahtersebut.Kenyataan di lapanganmenunjukanbahwa RSUD X belummenunjukanhasil yang maksimal.Munculnyakeluhanmasyarakatmengenaipelayanan yang di berikan RSUD X danjumlahpasien yang belummenunjukkanpeningkatanadalahbukti yang mengindikasikanbahwapihak RSUD X belummampumewujudkanvisitersebut.
            Berdasarkanwawancaraawaldiperolehinformasimengenaiketidakpuasanpasienterhadapkualitaspelayan yang diberikanoleh RSUD X, khususnyapadabagiankeperawatan.Melalui survey kepadabeberapaperawat di RSUD X diperoleh data yang menunjukkanbahwaperawatkurangmerasakanadanyakerjasamadankomunikasi yang baik, kurangmemiliki rasa salingpercayadansalingmendukung, kurangmengetahuivisidanmisiorganisasidanmerasakan teamwork yang kurangefektif di RSUDX.
            Sikaptidakpedulidansalingmenyalahkanantarperawat, kurangadanyakeinginandankesadaranuntukmenyelesaikankonflik, kurangadanyakesadaranparaperawatakanpentingnyakerjasamadankomunikasisehinggaseringmenimbulkankonfliksertahubunganantarperawat yang dirasakankurangharmonis yang menghambatterjalinnyakerjasamamerupakanindikatormasalah yang sebenarnyadihadapiolehpihak RSUD X.







Analisa :
Dari RumusanMasalahKasusdiatasdapatkitamengertibahwaintidariPermasalahanKasusdiatasadalahTerletakpadaRendahnyatinggkatKerjasamaparaPerawat yang ada di dalam RSUD X, DimanatidakadanyaKerjasamadanjugakomunikasi yang baik, kurangmemiliki rasa salingPercayadansalingmendukungdalampekerjaannyasebagaisesamaperawatdanjugakurangmengetahuinyavisidanmisiOrganisasi, sehinggadapatmenimbulkansikapsalingtidakpeduliterhadapsesamaperawat di dalamsebuah RSUD X tersebut, bahkandapatmenimbulkansikapdimanasalingmenyalahkanantaraparaPerawatsehinggadapatmenimbulkanjugaKonflikIndividudariparamasing-masingperawat, dimanaakanmenjadi indicator masalah yang di hadapiolehpihak RSUD X, yaituketidaknyamanannyaparapasien yang berobat di RSUD X tersebutdanjugamenjadipenghambatpertumbuhandari Tingkat kemajuan RSUD X tersebutsehinggabelummampuuntukmewujudkanvisi-visinya.

Solusi :


DalamAnalisadariPerumusanMasalahdiatasSebagaiSolusidapatdimulaidariindividudarimasing-masingPerawatterlebihdahuluuntukmengetahuidimanaLetakKesalahannya yang dapatmenimbulkantingkatkerjasamadankomunikasimenjadikurangefektifsehinggatimbul rasa salingmenyalahkan, dan rasa salingkurangmempercayaiantaraPerawatdenganPerawatlainnya yang menimbulkan rasa ketidaknyamandariparaPasienitusendiri, di karenakanPerawatmerupakanTumpuandarisemuakegiatan yang adadidalamsebuah RS  sehinggamenjadiPenentuKeberhasilanmaupunkegagalandariRumahSakititusendiri.

Kesimpulan :


DalamAnalisaKasusdiatasdapatdiambilkesimpulanbahwaparaperawatperlumengetahuipentingnyaKerjasamadalamsuatuOrganisasiterlebihdalamsuatu RSUD, sehinggadapatmencapaiKomunikasi yang efektifdantinggkatKepercayaanmasing-masingPerawatuntuksalingmembantu, salingMendukung , SalingmemberikanPelayanandengankualitasterbaikdarimasin-masingPerawatterhadapparaPasien, sehinggadapatmenimbulkan Rasa KepercayaanantaraPasiedanjugaparaPerawatdanmenimbulkanhubungan yang harmonis, danjugadapatmenujukkanHasildari Usaha pihak RSUD X menjadilebihmaksimaldanmampudalammewujudkanvisi-visitersebutdandapatmenjadi factor Penentudaricitradankualitasrumahsakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar